Selain di botol plastik, BPA ada dalam 5 benda ini

Pernahkah kamu mendengar kata BPA atau bisphenol A? Mungkin bagi kamu yang sering membaca artikel kesehatan, kata-kata ini mudah ditemukan terutama dengan padanan BPA free.

BPA adalah zat kimia yang digunakan secara luas dalam industri plastik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan BPA yang mencemari makanan bisa memberikan efek samping yang buruk bagi perkembangan otak, kesehatan janin, hingga jadi pencetus kanker. Karena kontaminasi BPA yang begitu berbahaya, maka banyak produsen yang membuat produknya BPA free alias bebas BPA.

Meski begitu, kamu tetap harus mewaspadai kontaminasi BPA yang tak hanya ada dalam botol plastik, namun juga di benda-benda berikut ini.

Air keran
Di berbagai belahan dunia, pipa air mengandung lapisan resin epoksi yang menyebabkan bahan kimia seperti BPA meleleh dan masuk ke dalam air yang kamu gunakan sehari-hari. Seiring dengan bertambahnya usia pipa, konsentrasi BPA dalam air akan terus meningkat dan bisa membahayakan tubuh.

Laptop
Peralatan elektronik seperti laptop bisa mengandung BPA. Terutama pada bahan pembuat keyboard.

Ponsel
Beberapa bagian ponsel bisa mengandung tetrabromobisphenol A (TBBPA) dan tetrachlorobisphenol A (TCBPA), bentuk lain dari BPA. Kedua zat kimia ini terbukti bisa menyebabkan bahaya kesehatan pada hewan yang terkontaminasi olehnya.

Dot bayi
Bahkan beberapa produk plastik yang ditujukan untuk bayi juga bisa mengandung BPA yang membuat risiko kanker, diabetes, dan autisme bisa meningkat. Terutama untuk dot bayi. Oleh karena itu para orang tua harus memperhatikan produk plastik yang digunakan oleh buah hati mereka.

Kartu kredit atau kartu debit
Kartu debit atau kartu kredit yang biasanya kamu pakai sehari-hari bisa dilapisi BPS, bahan kimia yang sama berbahayanya dengan BPA. Kontaminasi zat ini secara berlebihan pun bisa bahayakan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.