Pria berisiko tinggi terkena kanker payudara, berikut faktanya!

Oktober merupakan bulan peduli kanker payudara. Oleh karena itu di bulan ini kamu wajib mengetahui beberapa pengetahuan penting tentang penyakit kanker nomer 1 perenggut nyawa wanita ini. Salah satunya adalah fakta bahwa pria pun bisa terkena kanker payudara.

Menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, meskipun hanya dapat terjadi pada 1 pria di antara 400 pria, namun tingkat kelangsungan hidup pria penderita kanker payudara hanya berkisar 73%.

Berikut adalah fakta lainnya.

1. Kasus kanker payudara pada pria diawali dengan ginekomastia atau suatu kondisi yang menyebabkan pembesaran payudara pada pria. Biasanya ginekomastia terjadi akibat konsumsi obat-obatan terlarang, pengaruh hormon, hingga infeksi dan racun.

2. Penyakit lever yang parah seperti sirosis juga bisa meningkatkan risiko kanker. Sebabnya sirosis akan menyebabkan peningkatan kadar hormon estrogen dalam tubuh pria.

3. Asupan makanan tinggi hormon estrogen juga bisa membuat pria berisiko tinggi alami kanker payudara.

4. Pria yang menderita kondisi genetik langka yang disebut dengan sindrom Klinefelter juga bisa terkena kanker payudara. Sebab sindrom ini membuat pria dilahirkan dengan salinan ekstra dari kromosom X (47, XXY).

5. Selain penyakit lever, penyakit testis seperti gondok orchitis atau peradangan di testis juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.