Polda Sumbar berhasil amankan penambangan emas Ilegal Sawahlunto

Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sumbar mengamankan satu pelaku penambangan emas liar (ilegal minning) yang sudah lama meresahkan masyarakat di aliran Sungai Air Dingin Dusun Sawah Tambang, Desa Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Sawahlunto, Sumbar pada 23 November 2017 lalu.

“Penangkapan berawal dari informasi masyarakat setempat yang masuk ke Dit Reskrimsus Polda Sumbar dimana masyarakat melaporkan aktifitas yang mencurigakan dan merugikan masyarakat setempat. Tambang yang dilakukan oleh pelaku bernama Eka tersebut tidak berizin,” ungkap Kabid Humas Polda Sumbar, KBP Syamsi yang juga didampingi oleh Kasubdit IV Tippidter Dit Reskrimsus Polda Sumbar, AKBP Andri Kurniawan kepada sejumlah awak media di lantai satu Mapolda Sumbar, Jalan Jenderal Sudirman, nomor 55, Kecamatan Padang Barat, Padang, Sumbar, Selasa (28/11) pagi.

Dari hasil penangkapan, polisi berhasil menyita barang bukti (BB) berupa satu unit alat berat eskavator jenis Komatsu SK-200 warna hijau, satu unit mesin dompeng, paralon, slang, dulang, jerigen, dan karpet.

“Modus operandi yang digunakan oleh pelaku adalah dengan menggunakan alat berat dan mesin dompeng untuk mengeruk emas secara ilegal dan tanpa izin,” ulasnya.

Saat ini, sebut Syamsi, barang bukti yang digunakan pelaku untuk menjalankan aktifitas ilegalnya tersebut sudah diamankan di Polsek Muaro Kalaban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.