Narkoba yang diamankan Polda Sumbar diduga dari Tiongkok

- Tweet this Article - Stumble this Article - Digg this Article - Share this Article -

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar, Kumbul Kusdwijanto Sudjadi mengatakan bahwa narkoba jenis-sabu-sabu seberat 2,7 kilogram yang mereka amankan di Jalan Lintas Sumatera Jorong Tanjung Sailok, Kenagarian Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada 18 Oktober 2017 lalu diduga kuat berasal sindikat luar negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Kumbul yang didampingi Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Syamsi kepada sejumlah awak media, di lantai 4 Mapolda Sumbar, Jalan Jenderal Sudirman nomor 55, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (24/10).

“Barang bukti yang diamankan tersebut diduga merupakan penguasaan dua orang lelaki berinisial WD (33) dan RT (27) yang diamankan di lokasi tersebut. Pelaku pertama yang berhasil kami amankan adalah WD (33), tukang servis AC warga Jalan Batih Batuah Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. RT (27), merupakan seorang sopir yang juga berdomisili di Riau, tepatnya Jalan Habuluatan, Kelurahan Air Jamban, Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau,” papar Kumbul.

Dari keduanya, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti (bb) berupa empat paket narkoba jenis sabu-sabu dengan berat 231,6 gram, dua unit telepon genggam dan satu unit mobil jenis Toyota Innova dengan nomor polisi (nopol) BM 1573 DA. Mereka mendapatkan barang tersebut dari seseorang berinisial BR, warga Panam, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

“Saat kami kesana, pelaku sudah kabur duluan dan hasil penggeledahan di kediamannya, diamankan sabu-sabu seberat 2,5 kilogram yang diduga akan diedarkan oleh BR. Total narkoba keseluruhan yang diamankan oleh polisi sendiri seberat 2,7 kilogram.” terangnya.

Mantan Kapolres Bima tersebut mencium barang haram dari Riau tersebut berasal dari Republik Rakyat Tiongkok. “Ini tidak hanya melibatkan pemain lokal lagi, melainkan sudah masuk dalam sindikat luar negeri yang sudah terorganisir,” tukasnya.

Artikel Terkait :

admin