Masyarakat korban banjir sungai Batang Batahan, Pasbar menjerit

Sungai Batang Batahan di Jorong Kampung Baru, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat hancurkan bronjong penahan tebing jalan dan robohkan tiang penyangga PLN, Selasa (28/11).

“Apabila pemerintah pusat tidak cepat tanggap atas kejadian ini, bisa saja jalan dan jembatan nasional lintas barat ini ambruk dihantam air Sungai Batang Batahan yang selalu besar mendadak,” kata Ketua Koordinator LSM PELINDAS Wilayah Kecamatan Ranah Batahan, Zulkisman, Rabu (29/11).

Menurut Zulkisman, setiap harinya diperkirakan tebing sungai itu terkikis lebih kurang 30 Cm. Terbukti, sejak kejadian banjir bandang belum lama ini sampai sekarang, tebing sungai akibat abrasi sudah jauh bertambah.

“Apakah ini dibiarkan pemerintah, kita gak tau. Tapi buktinya, sampai hari ini belum ada sentuhan sedikitpun, melainkan ambruknya bertambah,” tegas Zulkisman.

Disamping itu dikatakan Kepala BPBD Pasaman Barat, Tri Wahluyo, terkait persoalan banjir dan penahan tebing yang ambruk di Jorong Kampung Baru itu sudah diajukan ke pusat. Namun, kita heran kok belum juga dikerjakan.

“Pihak BWS II Sumut selaku pemilik anggaran untuk Sungai Batang Batahan itu sudah turun kelapangan. Cerita mereka, secepatnya kita bangun,” kata Tri Wahluyo.

Terpisah, Anggota DPR RI asal Pasaman Barat, Agus Susanto, saat dikonfirmasi terkait persoalan banjir dan hancurnya penahan tebing dan hancurnya rumah warga dibantaran sungai itu tidak pernah ada koordinasi dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat kepadanya.

“Pemkab Pasbar tidak pernah koordinasi dengan saya selaku putra asli Pasaman Barat yang sedang menjadi wakil rakyat di pusat. Mungkin, pemkab merasa mampu dengan jalan sendiri dalam menangani persoalan urgen seperti itu,” tegasnya.

Dikatakan Agus Susanto juga, Pasaman Barat ini memiliki tiga orang perwakilan di pusat, yaitu saya sendiri Agus Susanto (DPR RI), Emma Yohanna (DPD RI) dan Dedi Iskandar Batubara (DPD RI dapil Sumatera Utara asal Paraman Ampalu).

“Apabila koordinasi itu ada, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk pembangunan di Pasaman Barat ini,” lebih tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.