Ketahui ini 4 manfaat kesehatan saat kamu makan secara perlahan

Di artikel sebelumnya dikatakan bahwa makan secara cepat bisa membahayakan jantung dan gula darah karena perilaku ini bisa meningkatkan glukosa dalam tubuh secara tiba-tiba. Untuk itulah kamu disarankan untuk makan secara perlahan dan menikmatinya.

Lalu, apa sih manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dengan makan secara perlahan? Dilansir dari boldsky.com, ini dia penjelasannya.

Mengurangi nafsu makan
Makan secara perlahan akan membantu mengurangi nafsu makan. Sebab dibutuhkan waktu sekitar 15-20 bagi otak untuk memberi isyarat bahwa kamu merada kenyang. Dengan nafsu makan yang berkurang maka secara otomatis kamu akan mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi.

Menyehatkan pencernaan
Saat makan secara perlahan, maka makanan akan dicerna dengan baik. Hasilnya vitamin, mineral, dan asam amino penting akan diserap dengan mudah. Sehingga pencernaan dan tubuh menjadi sehat.

Mengontrol berat badan
Karena nafsu makan berkurang saat kamu makan dengan perlahan, kamu bisa mengendalikan porsi makananmu. Alhasil, berat badan pun lebih terkontrol.

Mencegah mulas
Bila makan secara cepat, maka kamu akan menelan makanan tanpa mengunyahnya dengan benar. Hal ini bisa menyebabkan sakit maag dan perut mulas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.