Jenderal China bunuh diri ketika diperiksa kasus korupsi

- Tweet this Article - Stumble this Article - Digg this Article - Share this Article -

Seorang jenderal senior China bunuh diri saat diselidiki terkait kasus korupsi. Kantor berita Xinhua melaporkan, Zhang Yang, mantan anggota Komisi Militer Pusat, sedang diselidiki mengenai keterkaitannya dengan dua jenderal yang terseret kasus korupsi, Guo Boxiong dan Xu Caihou.

Zhang Yang diduga melanggar disiplin. Dia juga dicurigai memberi serta menerima suap dari sejumlah pihak. Komite Militer Pusat juga menyebut asal usul sejumlah besar asetnya belum jelas.

“Sore tanggal 23 November, Zhang Yang menggantung dirinya di rumah,” kata kantor berita Xinhua, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (28/11).

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters, bahwa Zhang, yang menjabat sebagai Direktur Departemen Pekerjaan Politik militer sudah diselidiki sejak beberapa waktu lalu. Namun pemerintah belum mengumumkan hasil penyelidikan itu.

Sementara itu, komentar dari Kementerian Pertahanan dan situs resmi militer mengatakan Komite Militer Pusat memutuskan untuk menyelidiki Zhang pada 28 Agustus.

Mereka menyatakan Zhang telah kehilangan garis batas moralnya. Dia menggunakan cara bunuh diri sebagai sarana untuk lolos dari hukuman, dari partai dan negara. Ini adalah sebuah tindakan yang sangat memalukan.

“Mantan jenderal berpangkat tinggi dengan kekuatan besar ini menggunakan cara yang memalukan untuk mengakhiri hidupnya sendiri,” kata militer China.

“Dia satu sisi dia mendorong orang untuk menjadi loyal, tapi menjadi korup di balik punggung orang lain. Dia orang bermuka dua.”

Artikel Terkait :

admin