Erupsi Gunung Agung bikin Bandara Internasional Lombok tutup

Bandara Internasional Lombok Praya ditutup pada Minggu (26/11) sore hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Hal ini menyusul dari erupsi Gunung Agung yang menyemburkan asap hingga 3.000 meter pada pagi tadi.

“Bandara Lombok harus ditutup karena sudah ditemukan vulcano ash (VA),” kata Kepala Bagian Kerjasama Humas Dirketorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Agoes Soebagio saat dikonfirmasi, Minggu (26/11).

Gumpalan angin dari Gunung Agung mengarah ke bagian Tenggara atau ke Lombok. Sehingga hal tersebut akan mengganggu penerbangan. Selain itu penutupan Bandara juga demi keselamatan penumpang.

“Angin ke Tenggara ke arah (Bandara) Lombok itu mengganggu penerbangan,” ujarnya.

Sebelumnya, pagi tadi, Gunung Agung membumbungkan asap hingga 2.000 meter di atas puncak. Aktivitas meningkat sekitar pukul 00.00 WITA hingga 06.00 WITA. Kemudian pada pukul 05.45 WITA diperkirakan asap semakin tinggi hingga 3.000 meter.

Kemudian pada Sabtu (25/11) sore aktifitas Gunung Agung kembali mengeluarkan asap tebal. Erupsi terjadi pukul 17.30 WITA dengan ketinggian hingga mencapai 1.500 meter di atas puncak gunung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.