Perang perusahaan Apple dan Qualcomm masuki babak baru

Apple dan Qualcomm sudah lama berseteru, dan tiap waktu sepertinya babak baru selalu dibuka.

Setelah sebelumnya kedua raksasa teknologi tersebut bersinggungan karena Qualcomm adalah pemasok modem baseband untuk iPhone, dan Apple menganggap Qualcomm memonopoli pasar dan mengenakan 5 kali biaya produksi modem baseband pada Apple, kini mereka berseteru soal paten prosesor.

Melansir laporan dari Reuters, Apple mengklaim bahwa Qualcomm melanggar delapan paten prosesor Apple dalam hal kekuatan batrerai. Detilnya, Apple menuduh Qualcomm melakukan ‘kejahatan’ ini di Snapdragon 800 dan Snapdragon 820, yang merupakan jajaran prosesor flagship tahun lalu dan dua tahun lalu.

Paten ini mencakup teknologi canggih yang membantu prosesor menyedot sedikit daya dari baterai, sehingga prosesor ini jadi otak hematnya daya sebuah smartphone.

Sebelum Apple menuntut Qualcomm atas hal ini, Qualcomm terlebih dulu melakukannya dengan menuntut Apple di pengadilan atas pelanggaran 6 paten.

Dalam hal ini, Qualcomm berada posisi yang kurang strategis. Pasalnya, klaim Apple diamini oleh banyak regulator di beberapa negara, termasuk AS. Samsung dan Intel, raksasa teknologi yang juga produsen chip, juga dilaporkan membantu kasus yang ditangani oleh komisi perdagangan federal AS ini. Sehingga Qualcomm sedang agak terjepit.

Galaxy S8 Microsoft Edition? Itu cuma mitos!

Beberapa kali rumor yang mengatakan bahwa Samsung akan mengeluarkan perangkat Galaxy S8 Microsoft Edition kembali dibantah. Perusahaan asal Korea Selatan itu sekali lagi mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak akan pernah ada.

Jika memang ada, maka seharusnya Galaxy S8 Microsoft Edition sudah tersedia untuk dibeli di toko ritel Microsoft. Buktinya, mereka tidak memasukkan hal yang berbeda dalam hal perangkat keras atau perangkat lunak di model standar-nya.

Dikutip dari Phonearena (30/11), Samsung mengatakan bahwa Galaxy S8 dengan edisi Microsoft itu hanya sebatas rumor. Dan tidak ada peningkatan pada aplikasi bawaan Microsoft, seperti Office, OneDrive, Cortana, dan Outlook.

Perangkat Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ memang tersedia di toko online serta ritel Microsoft. Bahkan Galaxy Note 8 pun ikut dijual sejak minggu lalu. Namun hal itu bukan berarti Samsung akan mengeluarkan perangkat Galaxy S8 dalam edisi Microsoft.

Munculnya tiga perangkat jagoan Samsung itu di lapak Microsoft adalah untuk memastikan pelanggan mereka, khususnya pemilik usaha kecil dan menengah. Dengan menggunakan produk mereka maka itu adalah sebuah pengalaman produktivitas terbaik di kelasnya. Tidak ada merek ‘Microsoft Edition’ dari produk Samsung Galaxy manapun.

Foto kehamilan Beyonce jadi post viral Instagram terpopuler

Instagram akan dengan mudah dinobatkan sebagai media sosial paling bersih dari ‘racun.’ Bagaimana tidak, Facebook banyak disusupi berita hoax, dan Twitter juga mengalami masalah serupa.

Memang Instagram juga sering jadi tempat persekusi dan perundungan, namun di mana lagi kita lihat begitu banyak akun binatang yang selalu pamer foto lucunya? Tentu hanya di Instagram.

Instagram sendiri kini sudah digunakan oleh 800 juta pengguna, dan dari sebagian pengguna dengan angka masif tersebut, menurut data Instagram yang dikutip The Verge, foto paling populer adalah foto ikonik dari penyanyi Beyonce.

Benar, foto kehamilan dari istri rapper Jay-Z tersebut disukai lebih dari 11,1 juta orang. Beyonce sendiri adalah selebritas nomor 4 yang paling banyak followers di Instagram, di bawah Selena Gomez, Cristiano Ronaldo, serta Ariana Grande.

Selain itu, hashtag yang paling banyak digunakan adalah #love, dan filter Instagram Story paling banyak digunakan adalah filter anak anjing.

Dari data lainnya, kota paling populer untuk ‘diInstagramkan’ adalah New York City, Moskow, serta London. Tempat paling populer sebagai lokasi Instagram adalah Disneyland di Anaheim, AS, diikuti Times Square dan Central Park di NYC AS, serta Menara Eiffel di Paris.

iPhone X bakal jadi ‘senjata ampuh’ jangka panjang Apple

Seorang analis Piper Jaffray, Michael Olson menulis sebuah catatan yang mengarah kepada salah satu produk Apple, yakni iPhone X.

Berdasarkan laporan CNBC (30/11), Michael Olson mengungkapkan bahwa Apple kemungkinan akan memiliki salah satu senjata mematikan di kalangan smartphone dalam jangka panjang, yakni iPhone X. Menurutnya popularitas iPhone X akan sangat panjang dan menjadi sumber pemasukan Apple di beberapa tahun ke depan.

Analis tersebut berdasarkan minat yang tumbuh untuk produk tersebut. Awalnya, iPhone direncanakan hanya akan menjadi edisi spesial dan tidak akan muncul lagi di produk-produk selanjutnya. Akan tetapi melihat banjirnya peminat pada iPhone X, kemungkinan besar Apple akan membuat perangkat yang mirip seperti iPhone X atau mengembangkan produk yang berbasis dari segala bentuk dan fitur iPhone X.

Olson juga berharap model iPhone terbaru yang akan dirilis oleh Apple tahun depan bakal mengusung layar OLED. Itu artinya, fitur Face ID juga bakal ada di model iPhone 2018. Bahkan ada rumor yang mengatakan Apple akan menawarkan beberapa fitur seperti TrueDepth Camera di handset mereka tahun depan.

Tidak hanya itu, Olson pun mengatakan bahwa ‘keturunan iPhone X 2018’ dapat membantu menghasilkan peningkatan jumlah minat pada perangkat baru untuk tahun depan dari para pengguna iPhone.

Gara gara seksi, wanita ini dibanned berkali-kali oleh Instagram

Instagram adalah salah satu situs media sosial yang paling sering digunakan. Di mana orang suka berbagi foto dan video mereka. Instagram juga telah membuka pintu gerbang antara orang biasa dengan selebriti, karena sekarang mereka dapat terbuka untuk berinteraksi satu sama lain.

Salah satu medel dan selebriti paling populer di Amerika Serikat bernama Elle Johnson telah memiliki banyak sekali penggemar. Dia dianggap sebagai simbol seksi bagian kebanyakan orang karena memiliki wajah yang cantik, lengkap dengan tubuh yang akan membuat para pria langsung tertegun saking seksinya.

Super model berusia 26 tahun ini ternyata memiliki masalah dengan yang namanya Instagram. Bagaimana tidak, dia sudah berkali-kali dibanned oleh pihak Instagram karena terlalu seksi dan sering mengumbar bagian tubuh yang membuat orang berpikri jorok. Hal itu juga dipicu oleh kampanye dirinya dalam misi ‘Free The Cleavage’ di Instagram.

Wanita asal Park City ini akhirnya dilarang oleh Instagram untuk mengunggah gambar yang terkesan mengundang syahwat. Padahal sebelum dibanned, Elle Johnson sudah memiliki lebih dari 6 juta follower.

Dia sudah dibanned lebih dari sekali oleh pihak Instagram. Banned pertama dialami Elle pada Januari tahun ini, ketika beberapa followernya menemukan gambarnya yang tidak pantas di media sosial. Kemudian dia berhasil memulihkan akun Instagramnya beberapa waktu kemudian. Apes, bulan April dia kembali dibanned.

Instagram terus melarang Elle dengan pesan ‘melanggar pedoman dan etika di masyarakat serta ketentuan Instagram’. Tapi sepertinya Elle tak bisa dibendung. Segera setelah diblokir oleh Instagram, dia melanjutkan ke Twitter agar para penggemarnya terus mendapatkan update foto maupun video terbaru tentang dirinya. Dia sama seakan tidak terpengaruh dengan cekal yang dilakukan oleh Instagram. Dengan berpindah ke Twitter, dia menganggap bahwa itu adalah kerugian bagi Instagram dan keuntungan bagi Twitter!

Kali ini dia jauh lebih berani. Twitter membuatnya menggila. Kemudian dia kembali menggunakan Instagram dengan foto-foto yang vulgar dan eksplisit. Dia telah mendapatkan banyak follower dalam semalam dan berharap Instagram tidak lagi memblokirnya.

Namun harapan itu tidak dibarengi dengan usaha dia untuk ‘merayu’ Instagram agar tidak memblokirnya. Elle tetap mengunggah foto-foto vulgar, berbikini, menunjukkan sejumlah ‘asetnya’ yang memang memiliki ukuran lebih besar dari orang normal. Kini dia sukses menjadi pusat pikiran jorok orang yang melihat tubuhnya.

Menunggu waktu, YouTube bisa ditonton langsung via WhatsApp

Salah satu platform pengiriman pesan populer, WhatsApp baru-baru ini melakukan pembaruan ke sistem operasi berbasis iOS. Update ini memungkinkan penggunanya memutar video YouTube di dalam WhatsApp, seperti yang dikutip dari Hindustan Times (29/11).

Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi para pengguna, khususnya pengguna iOS. Karena ketika menerima pesan berupa link YouTube, maka Anda hanya satu kali klik langsung dapat memutar video tersebut. Tanpa harus masuk terlebih dahulu ke aplikasi YouTube atau browser.

Selain itu, Anda dapat terus memutar video saat menavigasikan ke obrolan lain. Dengan fitur yang disebut WhatsApp sebagai ‘picture-in-picture’.

Tapi tunggu dulu. Fitur ini belum diaktifkan. Akan tetapi situs berita WhatsApp WABetainfo percaya bahwa mereka sudah bekerja untuk itu.

Update ini mungkin dianggap remeh, namun berpotensi memperbaiki gangguan yang terlalu umum bagi banyak pengguna. Sekarang Anda dapat menonton video bersama teman Anda secara langsung tanpa harus menunda percakapan. Menarik, bukan?

Pihak WhatsApp juga menguji fitur yang memungkinkan pengguna membungkam video dalam obrolan. Jika teman Anda mulai mempermalukan Anda dengan video-video aneh.

Percayalah, ini bisa menjadi langkah awal yang baik.

Animal Crossing, game mobile terbaru Nintendo jadi viral

Animal Crossing: Pocket Camp, adalah game mobil baru dari Nintendo yang suksesnya mampu mengikuti game Mario Run yang Nintendo luncurkan Desember tahun lalu. Bahkan, kini game baru ini sukses besar.

Melansir Techcrunch yang mengutip data dari SensorTower, Animal Crossing telah diunduh sebanyak 15 juta kali dalam 6 hari ketersediannya di Google Play dan App Store.

Memang tak sebanyak Super Mario Run yang dalam 6 hari bisa mendapat 32 juta unduhan, namun perlu diperhitungkan bahwa Animal Crossing adalah nama yang tak setenah Super Mario. Terlebih lagi Super Mario Run awalnya diluncurkan eksklusif di iOS saja.

Game yang membuat para pengguna bisa mengobrol dengan hewan, menangkap ikan, dan menggoyang-goyang pohon untuk dapat buah ini, juga cukup baik dalam soal pemasukan. Hal ini dikarenakan sistem monetisasi yang seperti game ‘gratisan’ pada umumnya, yakni membeli semacam token untuk mempercepat gameplay. Dalam game ini, token tersebut berupa “leaf-tickets” untuk membuat furniture yang dapat memperbanyak teman.

Animal Crossing kini sedang menempati peringkat ke 72 untuk soal pendapatan aplikasi di App Store. Angka yang cukup baik untuk sebuah game multiplayer gratis.

Berkebalikan dengan Animal Crossing, Super Mario Run memang fantastis di jumlah unduhan, namun ‘loyo’ soal pemasukan.

Dari laporan pendapatan terbaru Nintendo yang dikutip The Verge bulan lalu, perusahaan asal Jepang tersebut mengumumkan bahwa Super Mario Run sekarang telah diunduh lebih dari 200 juta kali di Android maupun iOS. Namun Nintendo mengklaim bahwa meski angka ini mengesankan, angka ini “belum mencapai titik keuntungan yang bisa diterima.”

Hal ini digadang-gadang terjadi karena pendekatan monetisasi mereka yang kurang menarik. Kita diharuskan membayar 9,99 dollar untuk membuka keseluruhan permainan. Sudah bisa ditebak, para pengunduh game ini, meski jumlahnya fantastis, tidak membayar untuk membuka keseluruhan game.

Di sisi lain, Fire Emblem Heroes, game mobile kedua besutan Nintendo sebelum Animal Crossing, justru jadi produk yang lebih baik dari sisi bisnis karena merupakan game berbayar.

Pemesanan melebihi kapasitas, Pre-order OPPO F5 6GB dihentikan

OPPO memperkenalkan perangkat F5 pada perhelatan yang berlangsung di Jakarta pada 13 November yang lalu. Kala itu selain memperkenalkan perangkat F5, OPPO juga memperkenalkan versi tertinggi varian ini F5 6GB yang dibandrol dengan harga Rp. 5.199 Juta.

Saat diluncurkan, OPPO juga menyatakan F5 6GB hadir dalam balutan warna special merah selain itu perangkat ini juga hadir dalam warna hitam. Varian tertinggi F5 ini bahkan sudah bisa dipesan jauh hari sebelum memperkenalkan perangkat tersebut secara resmi yakni pada 11 November.

Namun, pada hari ini 28 November OPPO menghentikan pre-order perangkat OPPO F5 6GB tersebut. Ada apa?

Menurut Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, hal ini karena jumlah pemesan melebihi batas unit yang ditentukan. Sehingga, mau tidak mau OPPO menghentikan preorder F5 6GB.

“F5 6GB saat ini over pre-order. Posisi kami antara senang mendengar hal ini sekaligus kecewa karena tidak semua konsumen bisa mendapatkan perangkat ini,” ujarnya di Jakarta, Selasa (28/11).

Diklaimnya, F5 6GB memang merupakan perangkat yang banyak menjadi incaran konsumen. OPPO Indonesia sendiri sesungguhnya sudah memprediksikan jumlah perangkat F5 6GB yang akan dijual di Indonesia.

Namun, prediksi tersebut meleset dari perkiraan, respon konsumen yang melakukan preorder jauh lebih banyak terhadap perangkat ini.

Ditanya mengenai kemungkinan penambahan unit F5 6GB, Marketing Director OPPO Indonesia, Alinna Wenxin juga berkomentar.

“Sesungguhnya kami sudah melakukan permintaan untuk penambahan unit ke pusat, namun mengingat jumlah perangkat ini memang terbatas dan quota yang diberikan untuk pasar Asia Tenggara sudah ditetapkan maka, permintaan kami ditangguhkan. Saya rasa Indonesia cukup beruntung memiliki porsi yang sangat besar untuk F5 6GB, tidak semua negara mendapatkan varian tertinggi F5 ini dalam jumlah yang cukup besar,” terang dia.

OPPO F5 6GB sendiri hadir dengan membawa keunggulan layar penuh FHD+ 18 : 9 yang membawa pengalaman visual yang lebih baik kepada konsumen. Perangkat ini juga dilengkapi kamera selfie 20 Megapixel yang dilengkapi dengan A.I Beauty Recognition Technology. Yang membedakan dengan F5 versi regular adalah perangkat varian tertinggi ini memiliki kapasitas RAM 6GB dan Internal 64GB.

OPPO hanya menutup pre order dari F5 6GB, namun Alinna memiliki jawaban untuk konsumen yang masih menginginkan OPPO F5 6GB.

“Untuk konsumen yang masih menginginkan varian tertinggi F5 ini, kami masih memiliki warna hitam untuk dapat dibeli langsung pada 2 Desember mendatang di toko – toko yang menjual perangkat OPPO, OPPO Store, peritel modern maupun jaringan e-commerce” tutup Alinna.

PT Gree luncurkan AC dengan kapasitas watt terkecil di kelasnya

Beberapa waktu yang lalu, PT. Gree Electric Appliances Indonesia mengadakan acara “Gree Product Launch and Gathering”. Ini merupakan acara tahunan dari PT. Gree Electric Appliances Indonesia.

Bertempat di Sun City Ballroom, tahun ini Gree Indonesia mengusung tema “Green Technology Inside” mengundang para dealer untuk menyaksikan peluncuran tiga produk ramah lingkungan atau eco friendly terbarunya dari berbagai tipe, yaitu C3 (Tipe Low Watt), F1 (Tipe Inverter),dan TS (Tipe Floor Standing).

CEO PT. Gree Electric Appliances Indonesia, Mr. Ethan Wu membuka acara ini dengan memotivasi para dealer dan seluruh Gree family untuk selalu berambisi dalam mengejar mimpi. Beliau juga memiliki harapan AC Gree akan menjadi no. 1 di Indonesia dalam 2 tahun ini.

Gree berkomitmen untuk selalu memberikan inovasi terbaik yang ramah lingkungan dengan terus menerus berinovasi untuk ikut berkontribusi mengurangi pemanasan global.

Melanjutkan seri AC Low Watt sebelumnya, GREE C3 mampu mendinginkan ruangan dengan daya listrik yang hanya 290 Watt. GREE C3 memiliki kapasitas pendingin yang lebih besar dari COO, yaitu sebesar 5000 Btu/h (untuk ukuran 1/2 PK), di mana daya listrik COO (seri Low Watt Gree sebelumnya) sebesar 310 Watt dengan kapasitas pendingin 4850 Btu/h (ukuran 1/2PK). Hal ini tentunya menjadikan C3 menjadi AC Low Watt berdaya listrik terendah di Indonesia saat ini.

Untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya, GREE C3 dilengkapi dengan fitur Triple Protection (Fireproof, Leakproof, dan High Temperature Proof) yang bertujuan untuk melindungi bagian indoor maupun outdoor AC dari segala bentuk faktor kerusakan dari luar (seperti air hujan, cuaca panas, hantaman, dll) yang bisa saja merusak bagian dari AC. Fitur perlindungan ini sendiri merupakan pertama kalinya diaplikasikan dalam industri AC sebagai jaminan keamanan bagi pengguna untuk pemakaian jangka panjang.

Menjadi AC tipe inverter versi lebih terjangkau, F1 memiliki tampilan yang futuristik dan elegan. Dengan menggunakan teknik penyemprotan (spraying matt) sehingga terlihat berkilau, indoor unit dilengkapi hiasan gold di kedua sisinya, yang memberi kesan mewah dan indah pada AC GREE F1 ini. Teori aerodinamika juga disematkan untuk mengoptimalkan sirip kipas dari segi bentuk maupun letak yang lebih akurat sehingga membuat unit outdoor maupun indoor lebih sunyi.

Tidak perlu menunggu lama untuk merasakan sejuknya, GREE F1 mempunyai fitur fast-cooling yang dengan sangat cepat dapat membuat suhu dalam ruangan mencapai suhu yang diinginkan, serta menjaga suhu ruangan tetap stabil. Seperti tipe inverter sebelumnya, GREE F1 juga dilengkapi teknologi 1Hz yang berfungsi untuk menjaga AC tetap menyala pada saat suhu ruangan telah sesuai dengan suhu pada AC, serta fitur smart-controlling yang dapat mengatur arus peredaran freon yang akan semakin menghemat listrik.

Memiliki dua pilihan tegangan listrik di ukuran 3 PK, tipe TS tentunya akan menjadi pilihan tepat untuk digunakan di retail maupun di rumah tinggal. Tipe AC floor standing ini dilengkapi fitur self diagnosis di mana status operasi dan kerusakan pada unit dapat terdeteksi secara otomatis dan akan ditampilkan pada layar. GREE TS juga telah meminimalisir bunyi, sehingga penggunaannya cocok untuk di ruangan yang membutuhkan kesunyian seperti perpustakaan.

Ketiga produk yang akan diluncurkan ini telah menggunakan freon R32, generasi terbaru yang cocok dengan kondisi bumi saat ini karena lebih ramah lingkungan (Eco Friendly). Jika dibandingkan dengan freon R22 / freon lainnya, freon R32 dapat mengurangi tingkat pemanasan global sebesar 70 persen, tidak merusak lapisan ozon bumi, menurunkan tingkat pembuangan karbondioksida, serta mudah didaur ulang (recycle). Freon ini dipercaya juga bisa mengurangi konsumsi listrik sekitar 10 persen.

Gree Indonesia sendiri telah bekerja sama dengan lebih dari 70 project di Indonesia. Gree Indonesia juga meraih beberapa penghargaan untuk teknologi canggih serta layanan purna jualnya. Hal ini tentunya tidak bisa kita raih tanpa dukungan dari masyarakat Indonesia yang mulai mengenal AC Gree.

Untuk lebih memperkenalkan produk barunya kepada dealer-dealer, PT. Gree Electric Appliances Indonesia membagikan beberapa unit produk baru tersebut dalam bentuk doorprize. Selain itu, PT. Gree Electric Appliances Indonesia juga memberikan award bagi para dealer berprestasi dengan penjualan terbaik untuk memotivasi para dealer lainnya dalam penjualan.

YouTube bakal lindungi anak-anak dari konten buruk

Baru-baru ini, YouTube telah memperbarui panduan yang diterapkan dalam regulasinya. Secara garis besar, perubahan ini dilakukan untuk melindungi pengguna yang di bawah umur tidak mendapat konten-konten yang dapat mengganggu mentalnya.

Menurut Cnet (22/11), YouTube telah berupaya untuk melindungi generasi muda dan lebih ramah kepada anak-anak. Layanan video milik Google ini beberapa waktu lalu mengumumkan adanya penambahan pedoman baru, antara lain:

– penerapan pedoman masyarakat yang lebih ketat dan penegakan lebih cepat melalui teknologi;
– menghapus iklan dari video yang tidak pantas, khususnya yang menargetkan pangsa pasar keluarga;
– memblokir komentar yang tidak pantas pada video yang berisi anak di bawah umur;
– memberikan panduan bagi pembuat konten;
– Terlibat dan belajar dari para ahli.

Kebijakan baru ini menindaklanjuti laporan dari berbagai pihak di bulan ini yang menunjukkan kelemahan dalam algoritma dan kebijakan penyaringan pada YouTube.

Bahkan baru-baru ini kerja YouTube makin nyata dengan menurunkan beberapa video yang diindikasi akan ‘meracuni’ pola pikir anak. Tak hanya itu, komentar-komentar yang mengintimidasi atau cenderung mengarah ke kata-kata kotor akan disortir.