Ketahui, 4 jenis batu ginjal ini miliki penyebab yang sama

Tumbuhnya batu di dalam organ tubuh bisa menjadi pemikiran yang menakutkan. Terutama di organ vital seperti ginjal.

Batu ginjal atau yang juga dikenal dengan nama nephrolithiasis ini terbentuk saat mineral dalam ginjal tidak bisa diekskresikan sehingga akhirnya menjadi butiran-butiran yang menyerupai pasir. Entah itu ukurannya kecil atau besar, batu ginjal tetaplah menyakitkan. Meski begitu, tak semua batu ginjal menunjukkan gejala yang sama bergantung dengan mineral yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Dilansir dari thehealthsite.com, ini dia beberapa jenis batu ginjal berikut gejalanya masing-masing.

Batu kalsium oksalat
Batu jenis ini terbentuk saat kalsium dalam urin bercampur dengan asam oksalat. Oksalat yang merupakan salah satu senyawa alami dalam makanan ini bisa mengkristal bila tidak ada cukup air dalam tubuh untuk menguraikannya.

Kehadiran batu kalsium oksalat dalam tubuh bisa menjadi indikasi masalah kelenjar paratiroid. Ketika kelenjar ini bermasalah maka akan menyebabkan kalsium berlebihan dalam urin yang menyebabkan batu ginjal.

Batu asam urat
Batu ginjal jenis ini terbentuk saat air kencing menjadi terlalu asam. Biasanya hal tersebut terjadi ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi purin seperti daging jeroan, makanan laut, atau minuman bersoda.

Awalnya batu ginjal jenis ini terbentuk akibat sakit asam urat yang kamu derita.

Batu struvit
Batu struvit dikenal juga dengan nama batu infeksi. Batu struvit akan terbentuk ketika kamu mengalami ISK yang berulang. Bakteri dari ISK akan membuat urin jadi basa dan menjadi lingkungan yang sempurna untuk pembentukan batu struvit. Jika dibiarkan, batu struvit bisa menyebabkan penyumbatan di saluran urin.

Batu sistin
Batu sistin adalah jenis penyakit batu ginjal yang langka. Sistin merupakan asam amino yang ada di dalam berbagai makanan. Ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi sistin, maka akan terjadi pembentukan batu sistin. Selain itu, cacat genetik juga membuat orang menderita batu sistin.

Wajib tahu, ini 4 bukti gula merusak kehidupan seksualmu

Pernahkah kamu bertanya-tanya bahwa kebiasaanmu konsumsi makanan manis bisa membahayakan kehidupan seksmu? Menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, mengonsumsi gula berlebihan bisa menurunkan kadar testosteron dan libidomu.

Ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana gula bisa membunuh hasrat seksualmu? Ini dia penjelasannya.

Menurunkan kadar testosteron
Konsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan resistensi insulin yang pada gilirannya bisa menurunkan kadar testosteron. Padahal hormon ini berfungsi untuk meningkatkan gairah seksual dan ereksi.

Terjadi resistensi leptin
Leptin adalah hormon yang berhubungan dengan asupan makanan. Salah satu fungsinya adalah untuk mengontrol hasrat seksual. Sehingga jika kamu mengonsumsi banyak gula, maka akan terjadi resistensi insulin yang kemudian mempengaruhi kesehatan seksual.

Mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan
Hormon pertumbuhan yang disekresikan oleh kelenjar pituitari membantu untuk menjaga libido agar tetap optimal. Namun, kelebihan konsumsi gula bisa menyebabkan resistensi insulin dan mempengaruhi fungsi seksual.

Membuat cepat lelah
Konsumsi makanan tinggi gula tidak hanya mengubah glukosa dalam darah, namun juga menyebabkan kelaparan dan kelelahan. Selain itu, kelebihan gula juga bisa menyebabkan penurunan kadar oreksin, neurotransmitter yang mengatur gairah seksual.

Maka, konsumsi gula tak hanya menurunkan kesehatan tubuh, namun juga bisa merusak kehidupan seksualmu. Oleh karena itu konsumsi gula dalam jumlah yang wajar, ya.

Pelihara pikiran optimis dan positif bisa bantu panjang umur

Tak semua orang bisa dengan mudah bersikap optimis. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa bersikap optimis bisa memberikan dampak yang baik, tak hanya bagi pikiran tetapi juga kesehatan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang bersikap positif cenderung berusia panjang.

Memiliki pikiran yang positif menurunkan risiko serangan jantung, masalah kesehatan yang serius, dan bahkan bisa menurunkan risiko kematian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengalami serangan jantung, pasien yang bersikap pesimis berkemungkinan mengalami kondisi kesehatan yang serius dua kali lebih tinggi dibanding dengan pasien yang optimis.

Untuk penelitian ini peneliti melakukan survei terhadap sikap mental dari 369 pasien yang mengalami serangan jantung dan angina selama 46 bulan. Peneliti menemukan kaitan antara sikap optimis yang ditunjukkan pasien dengan keadaan fisik mereka.

Penelitian ini dipimpin oleh British Heart Foundation, Profesor Andrew Steptoe. Peneliti juga menemukan bahwa sikap optimis bisa membantu pasien untuk menghentikan kebiasaan merokok. Pasien yang pesimis masih merokok selama setahun setelah keluar dari rumah sakit, sementara 85 persen perokok yang optimis telah berhenti merokok setahun setelahnya.

Pasien yang optimis juga diketahui mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur serta menerapkan pola hidup sehat dibandingkan dengan pasien yang pesimis. Penurut Steptoe, orang yang optimis cenderung melaksanakan saran yang diberikan oleh dokter dan melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Akibatnya kebiasaan tersebut membuat kesehatan mereka membaik dan menurunkan risiko terkena serangan jantung lagi, mengalami masalah kesehatan, dan menurunkan risiko kematian. Penelitian sebelumnya telah menemukan kaitan antara sikap optimis dengan stres pada pasien jantung.

Pasien jantung yang bersikap optimis memiliki risiko terkena stres dan depresi yang lebih rendah dibanding yang pesimis. Padahal stres dan depresi pada akhirnya juga bisa mempengaruhi kemungkinan pasien untuk mengalami serangan jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Menjadi seorang pemimpi berikanmu manfaat sehat ini

Apakah kamu termasuk orang yang suka bermimpi atau membayangkan sesuatu yang menyenangkan hati? Jika ya, berapa frekuensi kamu melakukannya dalam sehari? Well, memang menyenangkan membayangkan apa yang kamu inginkan. Dan lebih menyenangkan pula jika impian tersebut bisa menjadi kenyataan.

Terlepas dari hal tersebut, ternyata suka bermimpi atau berkhayal bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat sehatnya.

Meningkatkan memori
Ingin mempertajam memori dengan cara yang lebih menyenangkan? Cobalah untuk membayangkan apa yang selalu kamu impikan. Banyak penelitian psikologis yang mengatakan bahwa cara ini berhasil untuk membantu dalam meningkatkan memori.

Meningkatkan suasana hati
Melamun atau bermimpi merupakan cara yang menyenangkan untuk meningkatkan suasana hati. Jika suasana hati meningkat maka kamu bisa merasa lebih berenergi.

Membuat lebih berempati
Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa berkhayal membantu dalam meningkatkan empati dalam diri, terutama dalam hubungan dengan manusia.

Meningkatkan kreativitas
Menjadi seorang pemimpi juga dapat membuatmu lebih kreatif. Hal ini disebabkan karena kamu selalu mendapatkan wawasan atau ide baru yang menyenangkan.

Membantu dalam mengenal diri sendiri
Mengenal diri sendiri merupakan hal yang penting dalam hidup. Jika selama ini terlalu sibuk sehingga tidak sempat mengenal diri sendiri dan membenahi diri, cobalah sejenak untuk duduk diam dan berimajinasi tentang mimpi. Dengan demikian kamu bisa mengenal potensi dalam diri.

Segera konsumsi minuman ini tiap pagi agar cegah diabetes dini

Secara pelan namun pasti, penyakit diabetes mampu berubah menjadi penyakit yang sama mengerikannya dengan kanker. Sebab gangguan gula darah ini mampu merusak kesehatan organ vital secara perlahan.

Tindakan mencegah tentu akan lebih baik dari mengobati. Begitu pula dengan diabetes. Kamu bisa mencegah penyakit gula ini dengan rajin mengonsumsi minuman sehat berikut setiap pagi.

Bahan:
2 tangkai seledri besar
1 bh apel hijau, kupas dan potong.
3 genggam bayam
2 bh wortel, kupas dan potong.

Cara membuat:
Blender semua jadi satu dan minum setiap pagi saat perut kosong.

“Konsumsi jus di atas setiap pagi dan jika kamu rutin meminumnya, maka gula darah pun jadi normal,” ungkap penelitian yang dilansir dari boldsky.com.

Selain di botol plastik, BPA ada dalam 5 benda ini

Pernahkah kamu mendengar kata BPA atau bisphenol A? Mungkin bagi kamu yang sering membaca artikel kesehatan, kata-kata ini mudah ditemukan terutama dengan padanan BPA free.

BPA adalah zat kimia yang digunakan secara luas dalam industri plastik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan BPA yang mencemari makanan bisa memberikan efek samping yang buruk bagi perkembangan otak, kesehatan janin, hingga jadi pencetus kanker. Karena kontaminasi BPA yang begitu berbahaya, maka banyak produsen yang membuat produknya BPA free alias bebas BPA.

Meski begitu, kamu tetap harus mewaspadai kontaminasi BPA yang tak hanya ada dalam botol plastik, namun juga di benda-benda berikut ini.

Air keran
Di berbagai belahan dunia, pipa air mengandung lapisan resin epoksi yang menyebabkan bahan kimia seperti BPA meleleh dan masuk ke dalam air yang kamu gunakan sehari-hari. Seiring dengan bertambahnya usia pipa, konsentrasi BPA dalam air akan terus meningkat dan bisa membahayakan tubuh.

Laptop
Peralatan elektronik seperti laptop bisa mengandung BPA. Terutama pada bahan pembuat keyboard.

Ponsel
Beberapa bagian ponsel bisa mengandung tetrabromobisphenol A (TBBPA) dan tetrachlorobisphenol A (TCBPA), bentuk lain dari BPA. Kedua zat kimia ini terbukti bisa menyebabkan bahaya kesehatan pada hewan yang terkontaminasi olehnya.

Dot bayi
Bahkan beberapa produk plastik yang ditujukan untuk bayi juga bisa mengandung BPA yang membuat risiko kanker, diabetes, dan autisme bisa meningkat. Terutama untuk dot bayi. Oleh karena itu para orang tua harus memperhatikan produk plastik yang digunakan oleh buah hati mereka.

Kartu kredit atau kartu debit
Kartu debit atau kartu kredit yang biasanya kamu pakai sehari-hari bisa dilapisi BPS, bahan kimia yang sama berbahayanya dengan BPA. Kontaminasi zat ini secara berlebihan pun bisa bahayakan kesehatan.

Ketahui ini 4 cara mudah tangkal serangan kanker

Kanker masihlah menjadi penyakit yang menakutkan untuk didengar meski seiring kemajuan teknologi kedokteran, upaya untuk menyembuhkan penyakit ini melalui jalur medis bisa dilakukan.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, para ilmuwan saat ini sedang berupaya untuk mengekstrak sel pembunuh kanker yang diambil dari sel darah.

“Saat ini kami sedang melakukan uji coba terapi kuratif yang dilakukan seminggu sekali selama 5-6 minggu waktu percobaan. Kami berfokus pada kanker pankreas. Hasil tes awal menunjukkan bahwa terapi ini menunjukkan upaya positif dalam menyembuhkan kanker,” ungkap Alex Blyth, pemimpin penelitian dari LIfT Biosciences.

Meski upaya medis terus dikembangkan, mencegah kanker sejak dini amatlah diperlukan. Masih dari penelitian tersebut, berikut adalah cara mudah nan alami untuk mencegah serangan penyakit kanker.

Rajin mengunyah bawang putih mentah
Bawang putih mengandung senyawa penting yang disebut dengan alil sulfur. Zat ini akan merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga bisa bertindak sebagai pertahanan alami untuk melawan kanker.

Ngemil kacang Brazil
Kacang Brazil adalah salah satu jenis kacang super sehat. Kandungan selenium dan mineral di dalamnya membantu dalam melawan pertumbuhan sel kanker.

Perbanyak konsumsi sayuran Cruciferous
Sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, atau kembang kol mengandung phytochemicals, vitamin, mineral, dan serat yang membantu melawan kanker.

Berjemur
Sesibuk apapun kamu usahakan untuk selalu berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sebab sinar matahari yang kemudian berubah menjadi vitamin D membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker. Cara ini efektif untuk mencegah kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker ovarium, atau kanker perut.

Jangan anggap cuek adanya lalat terbang di sekitarmu

Karena hidup di negara tropis, orang Indonesia cukup merasa familiar dengan keberadaan lalat. Melihatnya terbang di luar rumah hingga masuk ke dalam rumah terkadang menjadi hal yang biasa. Meskipun tak sedikit orang yang merasa jijik dengan adanya lalat.

Ya, lalat yang identik dengan hewan tidak higienis ini memang keberadaannya patut diwaspadai. Sebabnya mereka membawah ratusan spesies bakteri yang berbeda dan mampu membahayakan kesehatan manusia.

“Bakteri menggunakan lalat sebagai alat transportasi udara untuk berpindah secara bebas ke berbagai macam objek, termasuk makanan. Penelitian menunjukkan bahwa di dalam kaki dan sayap lalat mengandung keberagaman mikroba yang kemudian akan berkembang menjadi patogen,” ungkap Donald Bryant, peneliti dari Pennsylvania State University.

“Adanya bakteri ini disebabkan karena lalat sering terpapar kotoran dan objek tidak higienis lainnya. Akibatnya, saat mereka hinggap di objek yang bersih, maka bakteri yang dibawa akan tertinggal menempel dan kemudian berkembang biak. Salah satu contoh patogen yang paling sering mencemari tubuh manusia adalah patogen Helicobacter pylori yang akan menyebabkan luka di usus,” tambahnya.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa terhindar dari kontaminasi lalat ini? Jawabannya tak lain adalah selalu jaga kebersihan tempat tinggalmu dan amankan makanan atau minuman yang akan kamu konsumsi di tempat tertutup dan bersih agar tidak dihinggapi lalat.

Ketahui konsumsi 5 makanan ini bisa bikin kecemasan berlipat ganda

Rasa cemas dan gelisah wajar muncul ketika kamu sedang dihadapkan pada hal-hal yang kamu takutkan tak berjalan sebagaimana mestinya. Pada beberapa orang, rasa cemas ini bisa terjadi berlarut-larut hingga mempengaruhi kesehatan psikologis.

Nah, ketika rasa cemas tersebut muncul, alangkah baiknya jika kamu tidak mengonsumsi makanan berikut ini sebab bisa membuatmu semakin cemas.

Makanan olahan
Makanan olahan memang rasanya enak karena mengandung zat tambahan di dalamnya. Namun penelitian menemukan bahwa makanan ini bisa memperburuk rasa cemas yang terjadi.

Makanan manis
Karena gula diserap dengan cepat ke dalam aliran darah, maka bisa meningkatkan energimu untuk sementara waktu. Namun ketika bercampur dengan rasa cemas, maka akan membuat tubuhmu jadi mudah lelah.

Kopi
Minum kopi memang akan membuat tubuhmu lebih berenergi. Namun jangan diminum saat kamu sedang merasa cemas sebab bisa memicu palpitasi, tremor, dan kebingungan pada mereka yang sedang merasa cemas.

Minuman bersoda
Minuman bersoda tinggi akan kandungan kafein, musuh rasa cemas yang mendera tubuh. Sebabnya minuman ini tinggi gula yang kemudian akan memperburuk kecemasan.

Minuman beralkohol
Minuman beralkohol memang bisa mempengaruhi kesehatan mental, terutama bagi mereka yang mudah cemas.

Perut terasa sakit setelah makan, ketahui sebabnya?

Normalnya sakit perut akan hilang setelah kamu selesai makan sebab tak ada lagi gesekan antara dinding lambung yang terjadi.

Nah, jika perut malah jadi sakit setelah makan, kira-kira apa yang jadi sebabnya?

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, bisa jadi kamu mengalami dyspepsia atau kata lain dari gangguan pencernaan. Dyspepsia dapat menyebabkan sakit perut, kembung, dan perasaan perut yang penuh setelah makan.

Selain gangguan tersebut, ini penyebab lain dari sakit perut setelah kamu makan.

Gastroesophageal reflux disease (GERD)
GERD terjadi bila asam lambung mengiritasi lapisan kerongkongan yang kemudian menyebabkan sakit maag. GERD biasanya disebabkan ketika kamu cenderung sering mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Sehingga jika kamu menderita GERD, kurangi makanan pedas, kafein, atau alkohol.

Irritable bowel syndrome (IBS)
IBS atau sindrom iritasi usus besar juga bisa menyebabkan rasa sakit di perut, diare, lambung bergas, hingga konstipasi. Ketika perut terisi makanan, tak jarang IBS membuatmu sakit perut.

Penyakit celiac
Penyakit celiac merupakan reaksi dari konsumsi makanan tinggi gluten yang membuat usus kecil jadi mengalami peradangan.

Jadi, kamu sering mengalami rasa sakit setelah makan? Bisa jadi salah satu faktor di atas jadi sebabnya.