Kabar bakal ada gempa susulan 7,5 SR, BMKG sebut hoax

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memastikan isu yang beredar di masyarakat bahwa terdapat potensi gempa susulan sebesar 7,5 SR Magnitude adalah berita bohong atau hoax.

Keterangan pers Biro Hukum dan Organisasi BMKG Bagian Hubungan Masyarakat yang diterima di Jakarta, Minggu (17/12) malam, menyebutkan berita yang dibuat dengan mengatasnamakan BMKG tersebut tidak benar.

“BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut,” sebut rilis itu.

BMKG menegaskan berita itu hanya hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat, karena isu tersebut tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas.

BMKG menjelaskan sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, di mana dan berapa kekuatan gempa akan terjadi.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau dan diharapkan tidak terpengaruh serta tidak perlu dihiraukan dengan informasi tersebut.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkini, BMKG telah membuka layanan informasi cuaca selama 24 jam melalui call center 021-6546316 atau laman twitter @infobmkg.

Sebelumnya laman twitter BMKG mendapatkan pertanyaan sejumlah netizen yang ingin mendapatkan kepastian atas informasi yang meresahkan, terkait potensi gempa susulan pada pukul 22.30-23.59 sebesar 7,5 SR Magnitude, sehingga warga diharap keluar rumah.

Wakil Ridwan Kamil belum jelas, Nasdem yakin koalisi tetap kokoh

Ketua DPD Nasdem Jabar Saan Mustopa meyakini koalisi yang dibangun bersama PPP, PKB, dan Golkar tetap solid setelah Ridwan Kamil menentukan pilihan wakil untuk maju dalam Pilgub Jabar.

Saan pun optimistis partai Golkar tidak akan berubah haluan setelah pergantian pucuk kepemimpinan berganti pada Airlangga Hartanto.

“Insya Allah (tidak ada partai koalisi) hengkang. Jadi siapapun yang diusung Emil (Ridwan Kamil), mereka akan legowo menerima (jika ada salah satu yang tidak terpilih menjadi wakil),” ujarnya saat dihubungi, Minggu (17/12).

Seperti diketahui, saat ini Ridwan Kamil didukung oleh partai Nasdem, PPP, PKB dan Golkar. Sejauh ini, yang bersaing ketat untuk mendampingi Ridwan Kamil adalah Uu Ruzhanul Ulum dari PPP dan Daniel Mutaqien dari Golkar.

Kedua belah pihak sama-sama yakin kadernya pantas mendampingi Ridwan Kamil. Karena belum menemukan titik temu, maka Ridwan Kamil menggulirkan ide konvensi untuk mencari wakilnya di Pilgub Jabar.

Namun, ide itu menuai banyak protes. PPP melalui ketua umumnya, Romahurmuziy sempat mengultimatum akan meninggalkan poros koalisi jika kadernya tidak terpilih, meski belakangan memutuskan Uu akan ikut dalam konvensi.

Terkait konvensi yang direncanakan akan berlangsung pada Senin (18/12), Saan mengaku masih belum mendapat info lanjutan.

“Saya belum dapat update soal itu. Memang kita sudah menyerahkan sepenuhnya ke RK. Jadi tinggal tunggu waktu siapa yang dipilih. Jadi kalau partai ya posisinya nunggu,” terangnya.

Saan pun menjelaskan seluruh mekanisme dan pemilihan sudah diserahkan kepada Ridwan Kamil.

“Komunikasi, mekanisme penentuan kita serahkan. Yang penting bisa mendapatkan yang terbaik,” pungkasnya.

Menpar harap Sail Sabang bisa angkat destinasi bahari

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimis perhelatan even internasional Sail Sabang 2017 bisa berdampak positif terhadap dunia pariwisata di Pulau Sabang. Gaungnya bakal mendunia dan mendorong Sabang semakin kuat maju dan bermanfaat buat masyarakat.

“Pertama adalah lahirnya jalur regatta yachting Golden Triangle Saphula. Ini singkatan dari Sabang, Phuket dan Langkawi,” kata Arief Yahya, Jumat (1/12) di Sabang.

Menurutnya, jalur ini akan mendunia karena tiga negara, tiga destinasi, dalam satu paket visit yang ada di jalur perahu pesiarnya. Ini yang akan lahir dan tumbuh pasca Sabang Sail 2017. Jalur ini juga biasa disebut dengan diamond triangle —ada yang menyebut golden triangle— para yahcter dunia atau kapal pesiar akan kumpul di jalur itu. Jalur tersebut juga akan melahirkan perhelatan Regatta yang eventnya akan digelar bulan April sampai Mei tahun 2017.

Imbasnya, sebut Arief, akan mengangkat semua destinasi di Sabang terutama destinasi bahari. Menpar juga meminta media memantau pembangunan Yatcher Club yang rencananya akan dibangun di Sabang dalam waktu dekat ini. Dan wisata bahari di Sabang akan menjadi andalan di Indonesia.

“Regatta itu balapan kapal pesiar yang jumlahnya sangat banyak dan didominasi wisatawan mancanegara. Setelah lahir di Sabang, maka akan menjadi andalan masyarakat dan atraksi wisata yang besar di Sabang. Orang akan banyak datang dan orang banyak datang itu mensejahterakan,” jelasnya.

Selain itu, diharapkan lahir dari Sail Sabang 2017 adalah kompetisi freediving kelas dunia. Kompetisi ini sebutnya sudah digelar di Sabang dan telah masuk menjadi rangkaian acara Sail Sabang 2017 sejak satu bulan yang lalu.

“Sabang punya bahari yang indah, terutama sangat cocok untuk freediving. Kompetisi dunia harus dan akan dilaksanakan di Sabang, dan kita harapkan, bukan hanya saat kompetisi saja mereka datang, namun persiapannya para freediver dunia akan tiba di Sabang ber-bulan-bulan lamanya. Ini akan menguntungkan masyarakat, karena divers punya long stay yang panjang,” ujarnya.

Menpar juga akan mendorong kepada pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan training centre dive di Sabang. Selain itu, pihaknya juga akan mempersiapkan sumber daya manusia yang punya keahlian freediving di Sabang.

“Dan tentunya yang lebih diutamakan adalah putra-putri Sabang, masyarakat asli Aceh yang nanti tentunya juga akan mensejahterakan. Saya yakin, yang alamiah akan segera tumbuh di Sabang dengan cepat. Terutama divers yang kuat menyelam lama, anak-anak muda Sabang akan lahir dengan sendirinya,” bebernya.

Ketiga, yang diharapkan lahir di Sail Sabang 2017 adalah di bidang kemaritiman terutama perikanan. Kata Menpar, ikan itu 80 persen di dunia dihasilkan dari ikan budi daya dan 20 persen dari ikan tangkap atau ikan yang dipancing oleh manusia.

“Nah dari pihak terkait rencananya akan membuat keramba ikan di laut, ini akan dibuat di Sabang sekitar 30 meter dari CT-3 ini dengan teknologi yang sangat mutakhir. Tiga ending itu yang nantinya juga akan bisa mensejahterakan Aceh dan khususnya kota Sabang ini,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT menyebutkan penyelenggaraan Sail di Sabang sebagai bentuk promosi budaya dan wisata Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Tentu harus juga disertai dengan bertumbuhnya perekonomian dan pariwisata di Sabang,” kata Nova.

Kegiatan kepariwisataan di Sabang, ujar Nova, harus disertai pula dengan peningkatan kualitas masyarakat. Selain itu, Sail Sabang juga harus dimanfaatkan untuk pengembangan rute kapal layar di Indonesia sekaligus mempersiapkan Aceh sebagai salah satu daerah tujuan wisata dunia.

Kegiatan Wonderfull Sabang and Marine Expo 2017, menjadi ajang mempromosikan dan publikasi tentang potensi wisata dan produk unggulan dan juga peluang investasi di Aceh.

“Kegiatan ini juga untuk menjalin hubungan perdagangan, investasi, kebudayaan dan perekonomian antara investor dan Pemerintah Aceh,” ujar Wagub Nova.

Presiden Jokowi sambut peringatan Maulid Nabi Muhammad di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1439H/2017 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/11) malam. Acara dimulai pada pukul 20.00 WIB.

Dalam peringatan ini, Presiden Jokowi mengenakan baju koko berwarna putih dibalut jas berwarna hitam dan kopiah berwarna hitam. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh Qoriah terbaik Golongan Dewasa Putri pada STQ Nasional ke-24 Kamisaatuddhuha. Saritilawah Fauzan Pamungkas dari Radio Republik Indonesia (RRI).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini mengambil tema ‘Moderasi Dakwah Nabi Muhammad SAW dalam Mewujudkan Harmoni Kehidupan’ yang disampaikan oleh Habib Djindan Bin Novel Bin Salim, pimpinan Yayasan Al Fachriyah, Tangerang, Banten.

Pantauan kabasumbar.com di lokasi, pejabat negara yang hadir di antaranya Menko Polhukam Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Terlihat pula hadir para duta besar dari negara sahabat. Ruangan diisi pula oleh anak yatim piatu dari sejumlah pondok pesantren.

Berani lakukan pungli, dua pegawai BPN dipenjarakan

Dua pegawai nonaktif Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surabaya dituntut dua tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya.

Terdakwa Chalidah Nazar (48), Staf Seksi Pengukuran BPN Surabaya II dan Bayu Sasmito pegawai harian lepas (PHL) BPN Surabaya II, ini diduga melakukan pungutan liar. Persidangan dipimpin Ketua Majelis Hakim, Dedeh.

Dalam berkas tuntutannya, JPU menjelaskan kedua terdakwa melakukan pungli dalam pengurusan surat tanah yang dilakukan oleh 12 pemohon. Nilainya mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 16 juta, tergantung dengan tanah dan luas tanahnya.

Pungli yang mereka lakukan terendus tim saber pungli Polrestabes Surabaya. Keduanya langsung ditangkap dalam operasi tangkap tangan. Dari penangkapan tersebut ditemukan uang senilai Rp 8 juta yang tersimpan di dalam laci meja tersangka Chalidah Nazar.

Kemudian menyita 3 lembar bukti setoran PNPB Bank Jatim dari pemohon, 12 berkas pemohon, dan buku tabungan Bank Jatim milik tersangka Bayu Sasmito.

Jaksa menyebut kedua terdakwa telah melanggar pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 20 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Juncto Pasal 56 ayat (2) KUHP dan melanggar pasal 11 Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, Juncto Pasal 56 ayat (2) KUHP.

“Dengan ini memberikan tuntutan 2 tahun penjara, dan denda Rp50 juta, subsider dua bulan kurungan,” kata Jaksa Chalidah K Hapsari, Selasa (28/11).

Mendengar tuntutan tersebut, kedua terdakwa langsung mengajukan nota pembelaan. “Menolak, saya akan melakukan pembelaan di sidang berikutnya Pak Hakim,” kata kedua terdakwa secara bersamaan.

Antisipasi erupsi Gunung Agung, PT KAI siagakan rail clinic

Guna mengantisipasi dampak meletusnya Gunung Agung Bali, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiagakan satu rail clinic untuk membantu warga. Kereta yang dilengkapi dengan fasilitas layanan kesehatan memadai itu disiagakan di Stasiun Banyuwangi, Jawa Timur, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Kami siagakan satu rail clinic di Banyuwangi sejak beberapa waktu lalu. Kereta dilengkapi fasilitas yang memadai. Kami tempatkan di sana hingga batas waktu yang tidak ditentukan, kalau-kalau dibutuhkan,” ujar Direktur PT KAI Edi Sukmoro usai menanda tangani kerja sama bidang pendidikan dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (27/11).

Edy menerangkan, rail clinic yang disiagakan tersebut merupakan generasi keempat. Kereta jenis rel diesel elektrik (KRDE) itu dilengkapi dengan fasilitas instalasi gawat darurat, layanan poli umum, poli gigi, poli mata, poli kebidanan, laboratorium dan ruang farmasi.

“Ini rail clinic generasi keempat yang terdiri atas empat kereta. Dua kereta digunakan untuk layanan kesehatan, dan dua lagi untuk perpustakaan. Masyarakat bisa mengakses semua layanan secara gratis,” katanya.

Selain membantu pelayanan kesehatan masyarakat, keberadaan rail clinic diharapkan bisa meningkatkan minat baca masyarakat setempat. Edy mengatakan, sekarang ini jumlah rail clinic masih terbatas, sehingga harus digilir.

“Jumlahnya memang masih terbatas. Nanti akan diperbanyak, biar bisa menjangkau daerah yang belum tersentuh sarana kesehatan lain,” pungkas Edy.

Presiden Jokowi dan banyaknya orang bermarga Siregar

Pertemuan Presiden Jokowi dengan petani di Serdang Bedagai kerap dihiasi canda tawa. Salah satunya saat seorang peserta wanita di acara ‘Program Peremajaan Sawit Rakyat’ di Serdang Bedagai, Sumatra Utara ditunjuk maju ke panggung.

Suasana menjadi meriah karena wanita tersebut mengaku bermarga Siregar.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi baru saja melangsungkan pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Berdasarkan adat Mandailing, Kahiyang berhak mendapat marga yang pada akhirnya terpilih yakni Siregar. Siregar adalah marga dari ibu Bobby.

Presiden pun nampak terkejut usai mendengar penuturan wanita tersebut yang bernama Nurdimin Lubis.

Presiden Jokowi: “Namanya siapa bu?”

Ibu Nurdimin: “Nurdimin Lubis. Marga saya Siregar loh pak. Sama seperti besan bapak.”

Presiden Jokowi: “Ini sekarang kok banyak sekali yang mengaku marga Siregar ya.”

Sontak peserta acara tertawa terbahak-bahak dengan penuturan Presiden Jokowi.

Ibu Nurdimin: “Ada keluarga saya pak.”

Presiden Jokowi: “Iyaaaa, percaya-percaya.”

Kemudian diikuti tawa yang lebih keras dari penonton.

Pada acara ini, Presiden Jokowi memang meminta peserta yang telah mendapatkan sertifikat tanah untuk maju ke panggung. Tujuannya untuk menceritakan kesan-kesannya kepada peserta acara.

Presiden Jokowi: “Luas tanah yang dimiliki berapa bu? Kalau punya sertifikat harus tahu luas yang dimiliki. Nah ini, 1.009 meter persegi.”

Presiden Jokowi: “Mau dipakai untuk apa bu?”

Ibu Nurdimin: “Disimpan.”

Presiden Jokowi: “Bagus disimpan. Jangan lupa kalau menyimpan di foto kopi. Jadi kalau hilang, foto kopinya masih jadi ngurus ke BPN mudah. Senang tidak dapet sertifikat?”

Ibu Nurdimin: “Senang.”

Presiden Jokowi: “Karena ibu menyampaikan juga siregar jadi saya beri sepeda,” yang kembali diikuti tawa peserta acara.

Ibu Nurdimin: “Makasih ya pak.”

Presiden Jokowi: “Iya sama-sama bu. Salam buat boru Siregar.”

Polisi tembak pencuri spesialis pick-up di daerah Tangerang

Tim Buser Polsek Batu Ceper menembak mati pelaku pencurian kendaraan roda empat jenis pick-up. satu pelaku lainnya tertembak di betis kaki kanan, dan satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran Polisi.

Kapolsek Batuceper Kompol Robinson Manurung menerangkan, pihaknya berhasil mengungkap komplotan pencuri mobil jenis pick-up di wilayah Batu Ceper, Kota Tangerang, Minggu (26/11), dini hari.

“Pencuriannya terjadi di Jalan Daan Mogot Km 21 RT 05/03 Kelurahan Batuceper, Kota Tangerang, Minggu dini hari,” terang Robinson, Minggu (26/11).

Diterangkan dia, keberhasilan Polisi mengungkap kasus tersebut, akibat laporan korban yang cepat disampaikan ke pihaknya. Selain itu, kendaraan pick up rakitan tahun 2017 tersebut, juga terpasang (Global Positioning System) GPS yang memudahkan Polisi melacak keberadaan mobil.

“Jadi mobil itu terpasang GPS, sehingga mudah kami dapatkan,” ujarnya.

Lebih jauh, Robinson menerangkan, korban atas nama Wahyudin (34), melaporkan peristiwa kehilangan mobil pick-up miliknya sekitar pukul 03.00 WIB.

“Korban datang ke Polsek Batuceper melaporkan telah kehilangan 1 unit mobil tersebut, yang saat itu sedang terparkir di Jalan Daan Mogot KM 21 RT05/03, Batu Ceper, Kota Tangerang. Korban bilang GPS di mobil itu masih aktif,” ucapnya.

Kemudian Polisi dan korban memantau GPS, dan posisi terakhir menunjukkan kendaraan tersebut berada di Jl. Cacing Jakut.

“Kemudian Pawas Ipda Jayadi (Panit Reskrim) bersama 3 orang anggota piket reskrim didampingi korban melacak GPS,” kata Ribinson.

Setelah dikejar berdasarkan laporan GPS, kendaraan itu berpindah kembali ke Kampung Sindangsari Cabang Bungin, Bekasi.

“Saat itu pelaku hendak bongkar GPS, dan pelaku atas nama Haris Munandar melarikan diri ke sawah, sehingga anggota memberikan tembakan peringatan ke udara 3 kali namun pelaku berbalik menyerang sambil mengacungkan pisau badik yang dia pegang” ujarnya.

Karena merasa terancam, Polisi kemudian menembak pelaku dan terkena bagian dada pelaku. Sementara pelaku lainnya berinisial S berhasil kabur dari kepungan Polisi.

“Dalam perjalanan ke RS, korban meninggal dunia. Sedangkan pelaku atas nama Syukur terkena luka tembak di betis kaki kanan saat ini masih di rawad di RSUD Kabupaten Tangerang,” ucap Robinson.

Atas perbuatan pelaku, Polisi menjeratnya dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal 12 tahun.

Dari pelaku Polisi menyita sejumlah barang bukti berupa satu unit mobil suzuki ST150 Pickup dengan nomor Polisi B 9926 CAG, saru Kunci Leter T berikut 2 anak kuncinya.

Pangkostrad klaim didukung Gerindra, PKS, Hanura dan PAN Pilgub Sumut

Sejumlah tokoh nasional hadir di acara ngunduh mantu Muhammad Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu, di antaranya Pangkostrad Letjen Eddy Rahmayadi. Jenderal bintang tiga ini pun mengungkap perkembangan rencananya maju dalam Pilgub Sumut.

Eddy membeberkan partai mana saja yang sudah dipastikan akan mendukungnya sebagai calon Gubernur pada Pilgub Sumut.

“Hanura, Gerinda, PKS sama PAN. Pasti, Insya Allah,” ucapnya, Sabtu (25/11).

Ditanya soal siapa yang menjadi bakal calon wakil gubernur pendampingnya, Eddy mengaku masih menimbang-timbang. Ketika nama Musa Rajecshah alias Ijeck yang disebut-sebut selama ini, dia tak mau menjawab pasti.

Ketika ditanya siapa pasangan yang diinginkan, Eddy menjawab sambil tertawa. “Wartawan,” sebut Eddy.

Jika partai-partai yang disebutkanya benar-benar solid mendukung, berarti Eddy memegang modal yang cukup untuk mendaftarkan diri ke KPU Sumut. Total dia sudah memiliki dukungan dari pemilik 38 kursi di DPRD Sumut, padahal syarat minimal hanya 20 kursi. Ke-38 kursi itu merupakan akumulasi dari jumlah yang dimiliki Partai Gerindra 13 kursi, Hanura 10 kursi, PKS 9 kursi, PAN 6 kursi.

Saat hadir di acara ngunduh mantu Bobby-Kahiyang, Eddy menjadi perhatian tamu. Banyak yang berebut selfie dengannya.

Ada banyak ekstra flight demi penuhi kemeriahan Sail Sabang 2017

Festival bahari kelas dunia, Sail Sabang 2017 yang dilaksanakan pada 28 hingga 5 Desember 2017 mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk maskapai penerbangan. Tercatat, Garuda Indonesia dan Citilink menambah jumlah penerbangan menuju Sabang untuk mendukung kegiatan tersebut.

General Manager (GM) Garuda Indonesia Cabang Banda Aceh, Sugiyono menyebutkan, frekuensi penerbangan reguler Medan-Sabang dan sebaliknya hanya seminggu dua kali. Layanannya dibuka Jumat dan Minggu, yaitu Medan-Sabang pukul 10.00-11.35 WIB dan rute sebaliknya pukul 12.05-13.35 WIB. Sedangkan Minggu, Medan-Sabang pukul 10.00-11.35 WIB dan rute sebaliknya pukul 12.05- 13.35WIB.

Lantaran ada Sail Sabang, layanannya akan ditambah. Rabu 29 November 2017 rute Medan-Sabang pukul 15.15- 16.50 WIB dan rute sebaliknya pukul 17.20-18.50 WIB.

Kemudian Jumat (1/12) Medan-Sabang pukul 14.05- 15.40 WIB dan Sabang- Medan pukul 16.10- 17.40WIB. Sabtu (2/12) Medan-Sabang pukul 15.15- 16.50 WIB dan Sabang- Medan pukul 17.20- 18.50 WIB. Senin (4/12) Medan-Sabang pukul 13.15- 14.50 WIB dan Sabang-Medan pukul15.20- 16.50 WIB.

Sugiyono menjelaskan, pesawat yang digunakan merupakan jenis pesawat yang selama ini melayani rute Medan-Sabang dan sebaliknya. Jenisnya ATR 72 Seri 600 berkapasitas 70 seat kelas ekonomi.

Untuk Citilink, mereka menambah penerbangan ke Aceh dari Bandara Halim Perdanakusumah, dengan sekali transit di Kualanamu, Medan mulai 28 November hingga 5 Desember 2017. Tujuannya sama, untuk mengakomodir para peserta maupun wisatawan yang akan menghadiri acara berskala internasional tersebut.

Penerbangan ini akan dilayani dengan pesawat Airbus A320 yang memiliki kapasitas 180 penumpang.

“Dalam mendukung program akselerasi destinasi prioritas wisata di Indonesia, Citilink Indonesia menyiapkan penerbangan ekstra dari Jakarta ke Aceh,” ujar Vice President Corporate Communications Citilink Indonesa Benny S Butarbutar.

Menpar Arief Yahya menyambut gembira adanya penambahan flight menuju Sabang untuk menyukseskan gelaran Sail Sabang 2017.

“Terimakasih Garuda Indonesia, koneksi udara langsung menuju tempat diselenggarakannya Sail to Sabang ini akan memudahkan turis datang ke even ini,” ucap Menpar Arief Yahya.

Dia juga mengatakan, Sail Sabang 2017 mampu mengembangkan kembali Kota Sabang sebagai wisata bahari.

“Ini sangat bagus. Event ini bisa membangun dan mengembangkan kembali Kota Sabang sebagai kota wisata bahari dengan bentang lautnya yang indah,” ucap Arief Yahya.

Pada event internasional ini masyarakat dapat menyaksikan atraksi utama International Yacht Rally, KRI dewa suci dan bima suci, atraksi udara oleh satuan TNI, pertunjukan seni dan budaya, kompetisi free diving dan underwater photography, festival kuliner nusantara, wonderful sabang expo, dan puluhan atraksi lainnya.