Animal Crossing, game mobile terbaru Nintendo jadi viral

- Tweet this Article - Stumble this Article - Digg this Article - Share this Article -

Animal Crossing: Pocket Camp, adalah game mobil baru dari Nintendo yang suksesnya mampu mengikuti game Mario Run yang Nintendo luncurkan Desember tahun lalu. Bahkan, kini game baru ini sukses besar.

Melansir Techcrunch yang mengutip data dari SensorTower, Animal Crossing telah diunduh sebanyak 15 juta kali dalam 6 hari ketersediannya di Google Play dan App Store.

Memang tak sebanyak Super Mario Run yang dalam 6 hari bisa mendapat 32 juta unduhan, namun perlu diperhitungkan bahwa Animal Crossing adalah nama yang tak setenah Super Mario. Terlebih lagi Super Mario Run awalnya diluncurkan eksklusif di iOS saja.

Game yang membuat para pengguna bisa mengobrol dengan hewan, menangkap ikan, dan menggoyang-goyang pohon untuk dapat buah ini, juga cukup baik dalam soal pemasukan. Hal ini dikarenakan sistem monetisasi yang seperti game ‘gratisan’ pada umumnya, yakni membeli semacam token untuk mempercepat gameplay. Dalam game ini, token tersebut berupa “leaf-tickets” untuk membuat furniture yang dapat memperbanyak teman.

Animal Crossing kini sedang menempati peringkat ke 72 untuk soal pendapatan aplikasi di App Store. Angka yang cukup baik untuk sebuah game multiplayer gratis.

Berkebalikan dengan Animal Crossing, Super Mario Run memang fantastis di jumlah unduhan, namun ‘loyo’ soal pemasukan.

Dari laporan pendapatan terbaru Nintendo yang dikutip The Verge bulan lalu, perusahaan asal Jepang tersebut mengumumkan bahwa Super Mario Run sekarang telah diunduh lebih dari 200 juta kali di Android maupun iOS. Namun Nintendo mengklaim bahwa meski angka ini mengesankan, angka ini “belum mencapai titik keuntungan yang bisa diterima.”

Hal ini digadang-gadang terjadi karena pendekatan monetisasi mereka yang kurang menarik. Kita diharuskan membayar 9,99 dollar untuk membuka keseluruhan permainan. Sudah bisa ditebak, para pengunduh game ini, meski jumlahnya fantastis, tidak membayar untuk membuka keseluruhan game.

Di sisi lain, Fire Emblem Heroes, game mobile kedua besutan Nintendo sebelum Animal Crossing, justru jadi produk yang lebih baik dari sisi bisnis karena merupakan game berbayar.

Artikel Terkait :

admin