Israel luncurkan rudal serang pangkalan militer Damaskus

Stasiun televisi Suriah hari ini mengatakan sejumlah rudal Israel mengenai pos militer di dekat Ibu Kota Damaskus. Sistem pertahanan udara Suriah mencegat serangan itu dengan menembak hancur beberapa rudal itu di udara.

Media Arab Al-Masdar News mengutip sumber yang mengatakan serangan rudal Israel itu mengincar gudang senjata militer Suriah yang terletak di antara Kisweh dan Sahnaya. “Ledakan keras terdengar ketika rudal itu mengenai target,” kata Al-Masdar, seperti dilansir laman Russia Today, Sabtu (2/12).

Sumber lain mengatakan terget Israel adalah pangkalan militer Iran di Kisweh, sekitar 13 kilometer dari Damaskus. Sejumlah media Israel mencabut berita peristiwa ini beberapa jam setelah serangan itu.

Jet Israel dikabarkan melepaskan rudal itu dari wilayah udara Libanon.

Media Suriah membenarkan serangan Negeri Bintang Daud ini namun menyebut rudal itu diluncurkan dari darat. Media pemerintah Al-Ikhbariya TV mengatakan dua rudal Israel itu ditembak di udara.

Sejumlah video beredar di Internet memperlihatkan rudal Israel itu ditembak jatuh di udara oleh sistem pertahanan udara Suriah.

Israel sebelumnya sudah melancarkan serangan udara mengincar wilayah Suriah dengan alasan menyerang posisi kelompok Hizbullah yang selama ini mendukung Presiden Basyar al-Assad.

Pasangan China selundupkan ratusan kecoak dalam koper

Petugas keamanan di Bandara Internasional Baiyun, Guangdong, China selatan dibuat kaget setelah melihat dua koper penumpang tua yang berisi ratusan kecoak hidup.

Menurut Kankan News, seperti disampaikan oleh BBC News, petugas yang mengelola mesin sinar-x melihat ada gerakan yang tidak biasa di dalam tas pasangan China ini pekan lalu.

“Ada kantong plastik putih dengan banyak barang hitam yang bergerak di dalamnya,” kata Xu Yuyu, seorang petugas keamanan di tempat kejadian.

“Salah satu staf membuka koper mereka dan seekor kecoak merangkak keluar dari dalamnya. Perempuan itu hampir menangis,” kata Xu, seperti dilansir dari Asia One, Sabtu (2/12).

Saat ditanyai oleh pihak berwenang, suami yang tidak disebut namanya itu mengaku kecoak tersebut digunakan untuk membuat salep buat menyembuhkan sakit kulit istrinya.

“Mereka (kecoak) adalah bagian dari obat tradisional. Anda mencampur kecoak dengan krim obat dan menaruhnya di kulit Anda,” ujar si pria seperti dikutip harian Beijing Youth Daily.

Bandara Internasional Baiyun menjelaskan bahwa kecoak hidup itu tidak diizinkan untuk dibawa dalam penerbangan.

Pasangan itu diizinkan untuk melanjutkan penerbangan mereka, namun harus menyerahkan hewan menjijikkan itu ke petugas bandara.

Staf Donald Trump tuai keluhan banyak tikus dan kecoa di Gedung Putih

Staf Pemeliharaan Gedung Putih menerima banyak keluhan terkait kemunculan hama di sekitar gedung. Hewan seperti tikus, kecoa, dan semut berkeliaran di dalam maupun di luar ruangan Gedung Putih. Ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi staf lain.

Laporan tentang kemunculan hewan tersebut tertuang dalam perintah kerja tahunan Gedung Putih. Dalam laporan yang rutin diperbarui tiap tahun itu, ada beberapa permintaan tertulis, seperti penggantian perabot di kantor mantan Sekretaris Pers Sean Spicer dan toilet duduk di Ruang Oval.

Selain itu, laporan tersebut juga menunjukkan bahwa ada staf yang menemukan kecoa di empat tempat berbeda di halaman Gedung Putih, semut di kantor kepala staf Gedung Putih, dan tikus di Mess Angkatan Laut dan Ruang Situasi.

Secara keseluruhan, perintah kerja di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump serupa dengan yang diajukan oleh pemerintahan Presiden Barack Obama. Namun ada beberapa tambahan khususnya mengenai penanganan hewan hama yang berkeliaran.

“Ini adalah pekerjaan yang tidak mudah. Staf Administrasi Layanan Umum (GSA) ditugaskan untuk mengelola pekerjaan itu. GSA akan mempekerjakan dan subkontraktor untuk pekerjaan pemeliharaan. Kemudian agen harus mengawasi kontraktornya,” kata mantan Inspektur Administrasi Pelayanan Umum, Brian Miller, dikutip dari laman Time, Jumat (1/12).

Miller menambahkan bahwa setiap permintaan harus ditangani dengan hati-hati. Sebab Gedung Putih adalah bangunan bersejarah yang rentan.

“Ini bangunan tua. Jika kita memiliki rumah tua maka pasti ada banyak sekali perbaikan yang harus dilakukan,” ucap Miller.

Dubes AS paksa China putuskan pengiriman minyak mentah untuk Korea Utara

Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nikki Haley melarang China memasok minyak mentah ke Korea Utara, setelah uji coba rudal balisitk antar benua dilakukan negeri yang dipimpin Kim Jong-Un itu.

Haley mengungkapkan dalam sebuah pidato di markas besar PBB di New York City, bahwa Presiden Donald Trump menelepon Presiden China Xi Jinping pada Rabu pagi untuk memberitahukan kepadanya, telah tiba saatnya bagi China untuk memotong pasokan minyak mentah ke Korea Utara.

“Saat ini kami berpaling kepada Presiden Xi untuk mengambil posisi itu. Kami percaya bahwa dia memiliki kesempatan untuk melakukan hal yang benar untuk kepentingan semua. Negara China harus menunjukkan kepemimpinan dan tindak lanjut.. China dapat melakukan ini sendiri,” kata Haley, seperti dilansir dari CNBC, Kamis (30/11).

Haley mengatakan minyak mentah merupakan penggerak program nuklir Korea Utara. Dia mencatat bahwa Korea Utara hadir ke meja perundingan sesaat setelah China memotong pengiriman minyak pada tahun 2003.

“Sanksi AS sudah mengganggu 90 persen perdagangan Korea Utara dan 30 persen impor minyak,” katanya.

Pada bulan September, China mengumumkan akan mengurangi pengiriman produk minyak sulingan ke Korea Utara menjadi 2 juta barel per tahun. Tahun lalu, China mengirim 6.000 barel produk minyak per hari ke Korea Utara untuk menjaga sektor pertanian, transportasi dan jalannya militernya, menurut Pemerintahan Energi A.S.

Datangi Indonesia, Menlu Palestina bakal bertemu Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Palestina Riyadh Al Maliki di Jakarta pada Selasa (5/12). Selain melakukan pertemuan bilateral, Menlu Maliki juga akan menghadiri seminar internasional bertajuk ‘Empowering People: Indonesia’s Support for Palestine’ yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri.

“Pada pertemuan bilateral itu akan dibahas beberapa isu antara lain perkembangan terakhir di Palestina dan upaya dalam memperkuat Palestina di mata internasional,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir di Jakarta Pusat, Kamis (30/11).

Seminar internasional akan fokus pada dua isu yakni pembangunan kapasitas dan kontribusi Indonesia dalam memberi bantuan terhadap Palestina. Selama ini Indonesia cukup aktif dalam memberi kontribusi terhadap Palestina khususnya pada pemberian bantuan kemanusiaan.

“Sejak 2008 sampai 2017 sudah ada 1.800 bantuan teknis diberikan pemerintah yang totalnya USD 10 juta. Selain pemerintah, masyarakat Indonesia juga banyak memberi bantuan kepada Palestina seperti pembangunan rumah sakit,” ucapnya.

Jenderal China bunuh diri ketika diperiksa kasus korupsi

Seorang jenderal senior China bunuh diri saat diselidiki terkait kasus korupsi. Kantor berita Xinhua melaporkan, Zhang Yang, mantan anggota Komisi Militer Pusat, sedang diselidiki mengenai keterkaitannya dengan dua jenderal yang terseret kasus korupsi, Guo Boxiong dan Xu Caihou.

Zhang Yang diduga melanggar disiplin. Dia juga dicurigai memberi serta menerima suap dari sejumlah pihak. Komite Militer Pusat juga menyebut asal usul sejumlah besar asetnya belum jelas.

“Sore tanggal 23 November, Zhang Yang menggantung dirinya di rumah,” kata kantor berita Xinhua, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (28/11).

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters, bahwa Zhang, yang menjabat sebagai Direktur Departemen Pekerjaan Politik militer sudah diselidiki sejak beberapa waktu lalu. Namun pemerintah belum mengumumkan hasil penyelidikan itu.

Sementara itu, komentar dari Kementerian Pertahanan dan situs resmi militer mengatakan Komite Militer Pusat memutuskan untuk menyelidiki Zhang pada 28 Agustus.

Mereka menyatakan Zhang telah kehilangan garis batas moralnya. Dia menggunakan cara bunuh diri sebagai sarana untuk lolos dari hukuman, dari partai dan negara. Ini adalah sebuah tindakan yang sangat memalukan.

“Mantan jenderal berpangkat tinggi dengan kekuatan besar ini menggunakan cara yang memalukan untuk mengakhiri hidupnya sendiri,” kata militer China.

“Dia satu sisi dia mendorong orang untuk menjadi loyal, tapi menjadi korup di balik punggung orang lain. Dia orang bermuka dua.”

Iran hack akun surel petinggi Libanon untuk pengaruhi pemilu 2018

Sebuah laporan diterbitkan surat kabar Prancis ‘Le Figaro’ menunjukkan bahwa para peretas Iran saat ini tengah melakukan serangan terhadap akun-akun eletronik milik petinggi Libanon. Para peretas Iran ini, kata sumber intelijen, melakukan serangan siber atas dukungan dari pemerintah.

Dalam sebuah artikel bertajuk ‘Lebanon, Suriah, Irak: Bagaimana Iran Memperluas Pengendaliannya?’, dibeberkan bahwa para peretas itu memiliki akses ke surat eletronik dan rekening bank swasta milik Presiden Libanon Michel Aoun dan Perdana Menteri Saad Hariri.

Dilansir dari laman Asharq Al-Awsat, Selasa (28/11), beberapa dokumen telah dikumpulkan dari akun surel Aoun dan Hariri oleh para peretas. Disinyalir, para peretas ini memiliki niat untuk memengaruhi pemilihan parlemen pada Mei 2018 agar dukungan beralih ke kaum Syiah dan Hizbullah di Libanon.

Selain itu, sumber intelijen juga mengungkapkan bahwa peretas menargetkan pejabat lain di Kementerian Hukum dan Urusan Luar Negeri Libanon, termasuk tentara, bank sentral, serta bank-bank lainnya, dalam operasi pembajakan siber skala besar ini.

Sumber intelijen mengatakan bahwa para ‘hacker’ telah menyusup ke server Libanon selama lebih dari enam bulan.

Serangan siber ini disebut-sebut mirip dengan yang dilakukan pihak Rusia kepada Amerika pada 2016 lalu selama masa kampanye Presiden Donald Trump. Iran mengikuti jejak Rusia dan beralih ke operasi elektronik untuk memperluas kontrolnya terhadap wilayah Timur Tengah.

Datangi Myanmar, Paus dilarang sebut kata ‘Rohingya’

Paus Fransiskus berkunjung ke Myanmar untuk menemui komunitas Katolik yang tinggal di negara tersebut. Paus terbang menggunakan pesawat charter Alitalia dan mendarat di Yangon hari ini. Rencananya dia akan menggelar misa di gereja setempat, sebelum melanjutkan perjalanan ke Bangladesh.

Di sela-sela kunjungannya, Paus juga akan bertemu dengan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi, kepala militer serta pemimpin biksu setempat. Selain itu, dia juga akan menyambut perwakilan muslim Rohingya di tengah isu pembersihan etnis yang tengah santer dilaporkan sejumlah pihak saat ini, termasuk PBB.

Dalam beberapa kesempatan, Paus telah sering mengucap doa yang mengharapkan keselamatan saudara laki-laki dan perempuan Rohingya di Myanmar. Namun, dalam kunjungan ke Myanmar kali ini, Paus didesak oleh Gereja Katolik setempat untuk menghindari penggunaan istilah ‘Rohingya’.

“Sebagai pemuka agama, khususnya pemimpin Katolik, dia pasti banyak melakukan hal baik. Tetapi tetap saja ada kekhawatiran dia salah bicara yang bisa menyebabkan orang beranggapan, ‘baiklah, orang ini telah ikut campur’,” kata seorang pengamat Myanmar yang juga mantan tahanan politik, Khin Zaw Win, dikutip dari laman AP News, Senin (27/11).

“Saya pikir, pertimbangan diplomasi itu perlu, selain tentu saja hubungan dengan masyarakat,” lanjutnya.

Meski demikian, Vatikan beberapa kali telah memberikan sinyal terkait kunjungan Paus. Juru bicara Vatikan juga tetap menggunakan istilah ‘Rohingya’ pada konferensi pers jelang lawatan Paus ke Myanmar dan menyebut itu bukan istilah yang dilarang.

Sebagaimana diketahui, Rohingya memang merupakan istilah yang dijauhi oleh masyarakat Myanmar karena kelompok etnis tersebut bukan minoritas yang diakui di negara tersebut. Pemerintah dan sebagian besar penduduk Buddha di Myanmar menganggap warga muslim Rohingya adalah imigran Bengali dari Bangladesh yang secara ilegal tinggal di negara itu, meski mereka telah tinggal sejak beberapa generasi.

Beragam reaksi juga diberikan oleh warga terkait penyebutan istilah ‘Rohingya’ ini. Banyak yang menilai bahwa Paus tidak seharusnya menyebut istilah itu demi menghargai masyarakat mayoritas.

“Ini merupakan masalah sulit karena istilah ‘Rohingya’ membawa begitu banyak beban politik terhadap seluruh masyarakat Myanmar,” kata seorang petani, Win Myaing.

“Perasaan saya mengatakan jika Paus membicarakan masalah Rakhine, maka akan banyak orang yang tidak lagi menyukainya,” tambahnya.

Beginilah Israel bikin Palestina jadi penjara terbesar di bumi

Perang Enam Hari pada 1967 antara Israel dengan beberapa negara Arab menyebabkan Tepi Barat dan Jalur Gaza diduduki Israel.

Negeri Bintang Daud selama ini mengatakan kepada dunia perang itu terjadi karena ‘kebetulan saja’ atau ‘tidak disengaja’. Tapi dokumen sejarah terbaru memperlihatkan Israel sudah merencanakan perang itu dengan baik.

Pada 1963 sejumlah pejabat militer Israel, ahli hukum dan tata negara mendaftar untuk mengikuti kursus di Universitas Ibrani di Yerusalem. Mereka bermaksud membuat rencana lengkap soal pengaturan perbatasan di suatu wilayah dan mengelola satu setengah juta rakyat Palestina yang tinggal di dalamnya. Empat tahun kemudian Israel menduduki wilayah Palestina setelah Perang Enam Hari.

Pada Mei 1967, beberapa pekan sebelum Perang Enam Hari dimulai, sejumlah gubernur militer Israel menerima kiriman sejumlah kardus berisi berkas tata cara bagaimana mengelola kota dan desa Palestina secara militer. Israel akan membuat Tepi Barat dan Jalur Gaza menjadi penjara besar di bawah pengawasan dan aturan militer.

Sejarawan asal Israel Ilan Pappe mengatakan, pendudukan, pos pemeriksaan, dan hukuman massal adalah bagian dari rencana itu. Pappe menuangkan dokumen itu dalam buku terbarunya The Biggest Prison on Earth: A History of the Occupied Territories, sebuah catatan lengkap tentang pendudukan Israel di tanah Palestina.

Dilansir dari laman Middle East Eye, Jumat (24/11), buku yang diluncurkan bertepatan dengan peringatan 50 tahun Perang Enam Hari itu masuk dalam daftar nominasi peraih penghargaan Palestine Book Awards 2017.

“Saya melihat keseluruhan proyek Zionisme ini sebagai sebuah struktur, bukan hanya satu peristiwa saja. Ini adalah struktur kolonialisme dengan menggerakkan para penduduk untuk menduduki sebuah wilayah,” kata dia dalam wawancara dengan Middle East Eye.

“Pada 1948 ada rencana yang jelas untuk mengusir sebanyak mungkin rakyat Palestina dari sebesar mungkin wilayah Palestina. Para kolonialis meyakini mereka punya kekuatan untuk menciptakan kawasan Yahudi di Palestina yang isinya tanpa orang Palestina sama sekali,” kata Pappe.

Sejak 1967 hingga sekarang, kata dia, ada upaya pembersihan etnis secara perlahan tapi jika dilihat secara keseluruhan sudah ratusan ribu rakyat Palestina dilarang kembali ke Tepi Barat atau Jalur Gaza.

Pappe menuturkan dia menggunakan istilah penjara terbuka di Tepi Barat dan penjara ketat di Jalur Gaza bagi rakyat Palestina.

“Saya menggunakan metafor itu untuk menjelaskan dua model pendudukan Israel di Palestina. Saya berkukuh menggunakan dua istilah ini karena menurut saya solusi dua negara sebetulnya adalah model penjara terbuka.”

Negara Israel, jelas Pappe, menguasai wilayah Palestina baik secara langsung maupun tidak. Mereka memecah Jalur Gaza menjadi bagian kecil-kecil pada 2005 dan mereka hingga kini masih membagi-bagi wilayah Tepi Barat. Sekarang sudah ada wilayah Yahudi di Tepi Barat dan wilayah Palestina di Tepi Barat dan keduanya terpisah di kawasan yang berbeda.

Di Gaza, Israel mengawasi dan menyekap warga Palestina dari dunia luar tapi mereka tidak ikut campur dengan apa yang terjadi di dalam.

“Tepi Barat itu semacam penjara terbuka. Anda menempatkan pesakitan yang diizinkan keluar dan bekerja di luar. Dan tidak ada rezim yang keras tapi tetap saja itu penjara. Bahkan Presiden Palestina Mahmud Abbas, jika dia mau pergi dari suatu tempat ke tempat lain, pintu keluar masuknya harus dibukakan oleh orang Israel.”

Muhammad Bin Salman kalahkan Trump di survei Sosok Tahun Ini

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad Bin Salman memimpin dalam survei pembaca majalah Time untuk penghargaan bergengsi ‘Sosok Tahun Ini 2017’.

Dilansir dari laman Al Arabiya, Minggu (26/11), Pangeran Muhammad meraih suara pembaca 22 persen, mengalahkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin, serta beberapa tokoh penting lainnya. Trump berada di peringkat kedua dengan perolehan suara lima persen. Tahun lalu pemenang Sosok Tahun Ini majalah Time adalah Trump.

Majalah Time memilih 33 orang dari beragam bidang kegiatan di seluruh dunia.

Pengambilan suara pada jajak pendapat pilihan pembaca berakhir pada 3 Desember. Penghargaan Sosok Tahun Ini akan diumumkan pada 6 Desember nanti.

Keputusan akhir pemungutan suara ini ada di tangan para editor Time, namun suara pembaca juga bisa mempengaruhi.

Pangeran Muhammad Bin Salman menjadi sosok yang paling disorot dunia internasional ketika Saudi menangkap sejumlah pangeran, menteri, dan pejabat atas tuduhan korupsi baru-baru ini. Dia juga dipandang sebagai tokoh muda Saudi yang mempunyai terobosan besar dalam mengubah kehidupan sosial di negeri kaya minyak itu.